Senin, 24 November 2014

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM AKUNTANSI - KONSEP DASAR INFORMASI DAN KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI

KONSEP DASAR INFORMASI
Sumber dari informasi adalah data yang merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu atau kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian nyata yang sering terjadi adalah perubahan dari suatu nilai yang disebut dengan transaksi.

KUALITAS INFORMASI
Tergantung dari tiga (3) hal, yaitu:
  1. Akurat: Maksud dari akurat disini ialah bahwa informasi harus jelas mencerminkan maksudnya. Bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan.
  2. Tepat waktu: Informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat. Informasi yang usang tidak akan mempunyai nilai lagi. Bila pengambilan keputusan terlambat maka dapat berakibat fatal bagi perusahaan.
  3. Relevan: Maksudnya ialah informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya.

NILAI INFORMASI
Ditentukan dari dua (2) hal. Yakni manfaat dan biaya mendapatkannya. Suatu informasi dikatakan bernilai apabila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya.


KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI
Sistem informasi adalah suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

KOMPONEN SISTEM INFORMASI

Blok masukan
Yang diinput yakni metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukkan, yang dapat berupan dokumen-dokumen.

Blok keluaran
Keluarannya berupa produk yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.

Blok model
Terdiri dari kombinasi prosedur, logika dan model matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data.  

Blok teknologi
Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan.

Blok basis data
Basis data diakses atau dimanipulasi dengan menggunakan perangkat lunak paket yang disebut dengan DBMS (Database Management System)

Blok kendali

Beberapa pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa hal-hal yang dapat merusak sistem dapat dicegah ataupun bila terlanjur terjadi kesalahan dapat segera diatasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar