Senin, 24 November 2014

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM AKUNTANSI - KONSEP DASAR SISTEM

KONSEP DASAR SISTEM
Sistem dapat dilihat dari dua (2) pendekatan, yaitu:

PENDEKATAN SISTEM MENEKANKAN PADA PROSEDUR:
Maksud dari menekankan pada prosedur disini ialah bahwa suatu sistem terdiri atas jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan untuk mencapai suatu sasaran.

PENDEKATAN SISTEM MENEKANKAN PADA ELEMEN ATAU KOMPONENNYA:
Maksud dari menekankan pada elemen atau komponen ialah bahwa sistem merupakan kumpulan elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu.

KARATERISTIK SISTEM
Terdiri dari:
  1. Komponen sistem: Dapat  berupa suatu subsistem atau bagian-bagian sistem. Subsistem punya sifat-sifat dari sistem untuk menjalankan fungsi tertentu.
  2. Lingkungan luar: Apapun diluar batas sistem yang mempengaruhi operasi sistem. Dapat bersifat menguntungkan atau dapat merugikan.
  3. Batas sistem: Daerah yang membatasi antara sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya.
  4. Penghubung sistem: Media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem lainnya.
  5. Masukan sistem: Dapat berupa masukan perawatan dan masukan sinyal.
  6. Keluaran sistem: Hasil dari energy yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna. 
  7. Pengelola sistem: Sistem akuntansi akan mengolah data transaksi mejadi laporan-laporan keuangan dan laporan lain yang dibutuhkan oleh manajemen.
  8. Sasaran sistem: Suatu sistem dapat dikatakan berhasil apabila mengenai sasaran atau tujuannya.

KLASIFIKASI SISTEM
Sistem dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut pandang, yakni:

Sistem abstrak dan sistem fisik:
Dilihat dari namanya saja sistem abstrak berarti tidak tampak secara fisik berupa pemikiran atau ide-ide. Contohnya sistem teologi yakni sistem yang berupa pemikiran hubungan antara manusia dengan Tuhan. Sedangkan sistem fisik berarti sistem yang ada secara fisik. Contohnya sistem komputer, sistem akuntansi, sistem produksi dan lain sebagainya.

Sistem alamiah dan sistem buatan manusia:
Maksud dari sistem alamiah ialah sistem yang terjadi melalui proses alam, tidak dibuat oleh manusia. Contohnya sistem perputaran bumi. Sedangkan sistem buatan manusia adalah sistem yang dirancang oleh manusia, yang melibatkan interaksi manusia dengan mesin yang disebut human-machine system. Karena menyangkut penggunaan komputer yang berinteraksi dengan manusia.

Sistem tertentu dan sistem tak tentu:
Sistem tertentu beroperasi dengan tingkah laku yang sudah dapat diprediksi. Sedangkan sistem tak tentu ialah sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi.

Sistem tertutup dan sistem terbuka:
Yang dimaksud dari sistem tertutup disini ialah sistem yang tidak berhubungan dengan lingkungan luarnya. Sedangkan sistem terbuka ialah sistem yang berhubungan dan terpengaruh dengan lingkungan luarnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar