Rabu, 08 Januari 2014

Membuat RSS Feed Studentsite Pada Blogspot


TUGAS SOFTSKILL : TULISAN (2)
TEMA : TIPS DAN TRIK UNTUK BLOGGER-2

Membuat RSS Feed Studentsite Pada Blogspot

Kali ini  saya akan memberikan cara bagaimana membuat RSS Feed khususnya untuk situs Studentsite yang menandakan kita sebagai mahasiswa/i Universitas Gunadarma dan mendapatkan berita terbaru sekitar berita kampus dan kegiatan seminar, adanya lomba maupun mengenai adanya lowongan asisten Lab. dan lain-lainnya. Sebelum memasang RSS Feed ada baiknya kita ketahui dulu apa sih RSS Feed itu.

Sekilas pengertian RSS Feed
“RSS merupakan singkatan dari Really Simple Syndication. Sedangkan ditinjau dari pengertiannya RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog (wikipedia.org).”
Bisa dibilang seperti berlangganan koran, hanya berbeda pada media dan tidak dikenakan biaya. Berita tersebut kita ambil dari sumber situs resmi yang menyediakan layanan umpan (feed), tampung pada blog sehingga berita yang terus ter-update tersebut dapat kita lihat pada blog kita sendiri.
Lalu bagaimana cara berlangganan berita dengan RSS Feed tersebut?

Langkah pertama adalah tentunya login terlebih dahulu pada blog pribadi kalian.


Setelah masuk pada tampilan setelah login pilih pada menu rancangan untuk mengubah tampilan blog kalian.
 

Setelah masuk pada elemen halaman, selanjutnya pilih tambah gadget. Fungsinya adalah untuk memasukan RSS feed nanti (usahakan pilih letak yang bagus agar mudah dibaca).


Selanjutnya akan muncul window baru yang didalamnya terdapat beberapa menu pilihan, untuk rss feed ini kita akan pilih menu HTML / JavaScript.
 

Lalu tuliskan judul dari RSS Feed pada kolom judul, kemudian bagian di bawah kolom konten adalah kolom untuk script yang akan kita masukan rss feednya.


Sebelum mulai ke script rss nya . Terlebih dahulu kita tentukan situs resmi yang menyediakan layanan berita berlangganan. Sebagai contoh adalah situs studentsite.gunadarma.ac.id .

  
Untuk mengetahui alamat berita tersebut. Klik kanan pada kolom berita tersebut , kemudian pilih bingkai ini >> buka bingkai ditab baru (bila menggunakan firefox) , atau pilih lihat sumber bingkai (bila menggunakan google chrome ).
 

Lalu lihat pada kolom alamatnya. Link itulah yang akan kita ambil sebagai sumber rss-nya.
 
 

Setelah menemukan sumber, maka kembali lagi pada manu HTML / JavaScriptnya . Membuat RSS feed pada blogspot caranya adalah menggunakan tag yang bernaman iframe.
Fungsi dari iframe itu sendiri adalah membuat frame dalam frame utama. Tag iframe ini kita tulis pada kolom konten.


Kemudian lanjutan dari script iframe.
 

Attribut yang terdapat pada tag iframe tersebut adalah untuk menentukan tata letak dan ukuran dari rss yang akan ditampilkan pada blog pribadi kalian.
  
Penjelasan :

a. Height = untuk mengatur tinggi rss.
b. Width = untuk mengatur lebar rss.
c. Align = mengatur letak tulisan dalam rss.
d. Frameborder = untuk mengatur ketebalan bingkai rss.
e. Src = untuk alamat sumber rss yang kita gunakan.

Simpan setelah selesai menulis scriptnya. Dan ... Lihatlah hasilnya
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar