Rabu, 08 Januari 2014

MAKANAN KHAS KOREA


TUGAS SOFTSKILL : TULISAN (3)
TEMA : KULINER

Saya termasuk seorang yang terkena Korean-Waves. Karena itu kali ini saya akan memberitahukan makanan khas Korea yang apabila kelak saya dapat berkunjung disana saya akan mencari makanan-makanan ini. Hehhee….

MAKANAN KHAS KOREA
1. Kimchi

 
Kimchi adalah makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah.
Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Di zaman dulu, kimchi diucapkan sebagai chim-chae (Hangul: 침채;Hanja: 沈菜) yang berarti “sayuran yang direndam.”
Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lain.

2. Mie Rameyon
 
Mie Ramen versi Korea.

3. Bokkumbap
 
Nasi goreng khas Korea .

4. Sundubu Jigae
 
Makanan Korea yang panas banyak jenisnya tetapi yang disebut makanan panas biasanya mempunyai kuah panas. Makanan panas itu cukup menghangatkan badan hingga orang dapat bertahan dalam kedinginan baik di dalam maupun di luar ruangan. Masakan Korea yang bernama ‘Sundubu Jjigae’ sebagai masakan yang sangat cocok dengan musim dingin. Sundubu Jjigae adalah masakan khas Korea yang dibuat dari tahun yang lembut seperti sutra dalam kaldu sapi atau hasil laut yang pedas dilengkapi dengan daging, bawang bombay, dan Kimchi dan sangat cocok untuk dimakan di musim dingin. Sundubu Jjigae yang panas dan pedas mungkin orang dapat melupakan sebentar dinginnya cuaca.

5. Bulgogi
 
Bulgogi (불고기) adalah potongan daging sapi yang dipanggang dengan kecap, minyak wijen, bawang putih, bawang bombai dan lada hitam. Bulgogi berarti “daging api”. Variasinya:  ayam (dak-bulgogi), dan soto.

6. Dolsot Bim Bim Bap
 
Dolsot bim bim bap adalah nasi campur khas Korea, yang isinya sayur-sayuran ditambah sambal khas Korea, kemudian diaduk menjadi satu. Ternyata nasi campur Korea ini rasanya enak dan menyehatkan. Sebab terdiri dari berbagai jenis sayuran khas Korea. Dolsot Bibim Bap ini biasanya dimasak di mangkuk batu.

SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar