Jumat, 09 November 2012

WAWANCARA KOPERASI


WAWANCARA KOPERASI

Koperasi yang saya datangi adalah koperasi tempat dimana saya dahulu bersekolah tepatnya saat saya menjadi seorang siswi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berkawasan sekitar Tajurhalang - Bogor.

Jenis koperasi ini adalah koperasi sekolah. Diketuai oleh guru yang juga sekaligus menjabat sebagai wakil kepala sekolah. Koperasi ini didirikan dengan tujuan mempermudah siswa/i-nya mendapatkan peralatan sekolah (alat tulis) seperti pulpen, pensil, tempat pensil, buku tulis, buku pelajaran sebagai media pembelajaran dan macam lainnya. Koperasi ini juga menyediakan atribut sekolah seperti topi sekolah yang wajib dimiliki dan dipakai murid-murid saat melaksanakan upacara sekolah setiap hari Senin, koperasi ini juga menyediakan atribut lainnya seperti lokasi sekolah maupun membuat name tag. Selain itu koperasi ini juga menyediakan seragam olahraga, batik dan seragam pramuka serta menyediakan berbagai macam atribut yang dipakai saat menjalankan kegiatan ekstrakurikuler (ekskul).

Anggota koperasi sekolah ini merupakan guru-guru atau staff lainnya juga termasuk siswa dan siswinya. Koperasi ini bersifat sukarela dan terbuka, pengelolaannya dilakukan secara demokratis, pembagian Sisa Hasil Usaha dilakukan adil dan sebanding dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggotanya.

Keberadaan koperasi sekolah ini bukan semata-mata sebagai kegiatan ekonomi, melainkan sebagai media pendidikan bagi siswa antara lain berorganisasi, kepemimpinan, tanggung jawab, dan kejujuran.

Koperasi ini sering dikunjungi karena menjual semua produknya dengan harga yang murah (untuk alat tulis) dibandingkan dengan membelinya diluar area sekolah, hal itupun diakui oleh para murid. Juga karena pelayanan yang ramah antara pembeli dan penjual. Anggota dapat merasakan efeknya dengan membandingkan sebelum dan sesudah ada koperasi. Sedangkan murid dapat merasakannya melalui pelayanan yang diberikan.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar